aku dan motorku

Sabtu, 22 September 2012

PERNAHKAH MOTOR ANDA MOGOK???

Apa browther pernah mengalami motor mogok waktu jalan?
Selama ditemani oleh yang namanya motor atau mobil pasti akan menempuh yang namanya mogok entah karna bensin habis, busi mati, rantai motor putus dll. apalgi pom bensin jauh bengkel gak ada sama sekali tentu bikin kita gigit jari ampe putus.
Sepenggal kisah yang saya alami karna motor mogok waktu lagi jalan.
motor mogok bikin kita naik darah, sabar & marah bercampr aduk jadi satu.
Sekitar 3 tahun yang lalu motor saya mogok di tengah jalan sepulang dari Senggigi waktu itu lagi malming sama doi tapi rumah doi di Mataram sedangkan saya pulang ke Lombok tengah jaraknya sekitar 18km dari rumah saya kerumah doi.
Lanjut cerita.. setelah menempuh jarak lumayan jauh dari rumah doi & jam menunjukkan angka 00:15 sudah tengah malam!! dengan santai menikmati perjalanan yang dingin dengan jalanan yang sepi, ketika nyampe di suatu per4an saya mengerm motor pelan-pelan lihat kiri kanan karna lampu merah sudah tidur tinggal matanya berkedip kuning dan disaat mau nurunin gigi ke posisi 3 sambil nahan neken kebelakang sambil lihat kiri kanan, dirasa aman mulai buka gas sedikit (masih nahan kopling) tapi kok mesin gak ada suaranya??
untung jalan sepi kalo gak bisa malu di klakson2 sama orang, bawa motor ketepian jalan mulai starter tapi apa daya semua sia sia :(
saya coba buka busi bersihin pasang lagi dengan semangat genjot kick starter pasti idup tapi.....
tidak membantu..udah nyerah dengan kondisi yang ada kios warung toko sudah pada nutup jalanan sepi sya putuskan untuk mengandeng motor pulang tiba-tiba ada orang pakai motor datang sambil bonceng temennya.
2 pemuda : motornya kenpa mas?
saya         : mogok mas.
2 pemuda : udah cek busi sama bensinnya?
saya          : udah mas, businya mati gak bawa cadangan lagi.
2 pemuda : pulang kemana??
saya          : lombok tengah.
2 pemuda : lombok tengah mana??
saya         ; bonjeruk.
2 pemuda : kita satu arah saya dari puyung, dari pada geret motorny jauh kita dorong aja mas.
saya          : iya mas, terimakasih aebelumnnya mau menolong.
Alhamdulillah ada juga bantuan datang, sambil ngobrol-ngbrol saya di bonceng & temennya yang bawa motor saya sambil di dorong, ternyata dia temennya teman sya... kebetulan jadinya gak terasa sudah nyampe rumah mereka pun pulang setelah saya berterima kasih dan ngajak mereka istirahat dirumah tapi mereka memilih pulang.
paginya cobak sya idupin motor lansung GREENG!!! jadi heran tadi malam kok gak bisa idup sekarang dengan mudahnya lansung hidup.
 mudahan kebaikan mereka dibalas sama ALLAH SWT amiiin..


lanjut lagi ceritanya neh,
tadi pagi sebelum berangkat kerja. setelah mandi & sarapan trus angetin motor dulu sebelum jalan tradisi turun temurun dari nenek moyang kita.waktunya jalaannnn!!! dengan semangat mengawali hari sabtu turunin motor dari standar tengah lansung duduk di jok pasang gigi 1 gas pelan-pelan tapi kok lansung mati.. :(
udah pukul 8:30 pagi lagi bisa telat brangkat kerja neh, lansung aja buka busi trus kompres mesin, pembakaran busi bagus merah bata tapi agak renggang rupanya saya coba rapetin dikit trusn pasang dan akhirnya JOOSSSS!!! lancar malhan tarikan agak ringan rasanya...
mudah-mudahan gak mogok2 lagi dah amiiiinnnn..
jangan lupa rawat kendaraannya baik-baik...
sekian dulu...

22 komentar:

  1. heheheee pernah waktu pake supra fit
    pas di cek busi mati
    ganti baru, supra fit ku segar lagiiiiii
    http://yudhadepp.blogspot.com/2012/09/jualan-pake-ninjamasalah-buat-loe_21.html?m=1

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama deh, yg bikin sya heran cuma buka busi trus kompres pasang busi lge hdup nrmal..
      Kata org businya pingsan..
      Emang bisa ya?

      Hapus
    2. businya minta nafas buatan gan
      Qiqiqiqiiiiii

      Hapus
  2. Kalau mogok mesin sih jarang,bro...yang sering saya alami adalah ban kempes..maklumlah pas lagi jualan...muatan terlalu banyak.. overload...

    BalasHapus
    Balasan
    1. muatan banyak ban kurang angin..
      Meledak dah bannya..

      Hapus
  3. Wah jadi inget dulu saat mogok dengan Yamaha Alfa kesayanganku dulu....

    http://nzahry.wordpress.com/2012/09/23/2013-victory-boardwalk/

    BalasHapus
    Balasan
    1. dlu suka aq bgt ma yamaha alfa mdelnya sdrhana..

      Hapus
  4. kalo aku dulu pas naek pulsar 200 kejadiannya
    mogok di tengah jalan
    musti dorong itu motor yang bobotnya kayak kebo ngambek -___-" weww...
    ternyata oh ternyata, setelah dicek, soket aki kendor, jadinya aki gag keisi setrum dari kiprok sama sekali sampai tekor

    pengalaman yang tak terlupakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. ckckck... Emang bener dah mgok itu bikin jengkel aplgi stlah di cek masalahnya sepele jadi geregetan..

      Hapus
  5. Jd inget masa masa itu..
    kunjung balik sob, di http://diamondz-black.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. masa masa apa brow?
      Masa masa sekolah?
      Makasi kunjungannya ya brow ditunggu kehadiran qu.

      Hapus
  6. Pernah bro...kehabisan bensin hihihihihi
    mampir http://gombongmotorcommunity.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo pom bensin dket masih mending..

      Hapus
  7. pernah pas lampu merah,..pas ijo malah gak jalan ane dorong2,..ane sela gak mau juga gak taunya saklar ON/OFF motor kepencet td pas betulin spion xixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. ckckckck... Saking paniknya ampe gak tw..

      Hapus
  8. Alhamdulillah, sejak naik motor gak pernah ngalamin mogok. Paling-paling ban bocor, dan kehabisan bensin :D

    BalasHapus
  9. pokoke mogok itu ada hikmahnya :D

    BalasHapus
  10. ane lagi mogok nih.. cs1. tiba2 aja mesin mati. mesin udah didinginin lagi, buka busi trus tempel dimesin dicek ada apinya kalo distarter dan ada suara starternya. busi dibersihin trus dipasanglagi tapi ga nyala2 seolah ga ada listriknya. apa itu masalah aki ya? tapi sebelumnya hidupin mesin bisa pake starter bisa juga pake engkol.. mohon pencerahan suhu2 sekalian.. ga pegang dana servis nih.. hiks..

    BalasHapus
  11. ane lagi mogok nih.. cs1. tiba2 aja mesin mati. mesin udah didinginin lagi, buka busi trus tempel dimesin dicek ada apinya kalo distarter dan ada suara starternya. busi dibersihin trus dipasanglagi tapi ga nyala2 seolah ga ada listriknya. apa itu masalah aki ya? tapi sebelumnya hidupin mesin bisa pake starter bisa juga pake engkol.. mohon pencerahan suhu2 sekalian.. ga pegang dana servis nih.. hiks..

    BalasHapus

yang berkunjung tinggalkan jejak dengan berkomentar yang baik serta memberi kritik dan saran yang baik juga : D

kalau ada tulisan yang salah mohon dimaklumi.
keep brotherhood