aku dan motorku

Minggu, 30 September 2012

YAMAHA RX KING MOTOR HARAM??? YANG BENER??

Kalo membaca judul diatas bikin penasaran aja kenapa motor keluaran Yamaha yang satu ini disebut mootor haram.. emang ada yang salah dengan motor tersebut? atau ada bumbu dari binatang yang haram disematkan dalam YAMAHA RX KING??? ccckkk :D

Tentu saja bukan, kalo tidak salah YAMAHA RX KING ngaspal di indonesia sekitar tahun 90an ( ane masih kecil ) & sebelum lahir RX KING ada kakaknya yang duluan lahir yaitu RX SPECIAL ( koreksi ya brow entar salah ).
Namun sang kakak tidak sepopuler sang adik yang sampai saat ini masih eksis merajai jalanan seperti namanyan KING sang raja jalanan hehehe... Legandaris yamaha ini (RX KING) memeng terkenal larinya yang gesit & kuueencaaang apalgi dilengkapi dengan tenaga turbo induction WOW amazing!!!
Bahkan diseluruh Indonesia pasti kenal dengan motor ini apalagi clubnya tersebar di seluruh nusantara, ane yakin disetiap pulau pasti ada motor ini ya kan??
Sampai saat ini pasaran motor ini masih tetap bersaing setau ane harga sekennya ekarang ada yang nyampe 10jute paling rendah 4,5juta ( tergantung kondisi juga ) wah wah wah.... motor ane sekennya ga nyampe 10 juti, luar biasa memang walaupun terkenal sebagai motor jambret, maling, rampok dll tapi tidak menyurutkan pasarannya malahan pengemarnya semakin banyak.
ane dapet info dari temen, RX KING yang paling di cari keluaran tahun 1994!!! kenapa tahun 1994??
kata temen ane produksi yang tahun 1994 paling bagus besi blok silendernya dari pada tauhun2 yang laen bisa dilihat KODE dari blok motor ada tulisan Y-4 dan kata tmen ane juga walaupun udah oversize 200 mau ditukar ama blok yang standart hmmmm..... ada yang mau??

Lanjut kejudul kenapa di bilang motor haram.
dapet  cerita juga ne dari temen ane yang udah merantau ke negeri jiran malingsia bukan cuma dari satu orang aja ane denger cerita tapi rata2 temen ane yang udah merantau kesana bilang kalo di MALAYSIA motor RX KING KING  disebut MOTOR HARAM!!!
Tanaya kenapa...??
Kata orang sana ini motor haram karna lajunya/larinya yang sangat kenceeeeeeeeeeeeeeng..!!!!
ada2 aja orang malaysia trus di indonesia halal2 aja kok asal dipake buat yang halal :D
yang banyakberedar disana sang kakak RX SPECIAL sama TZM produk yamaha juga tapi ane gan pernah lihat hihihihi..
Sekarang sudah banyak motor-motor kenceng kok gak diharamkan ya disana, disana banyak motor2 ber cc besar berkeliaran dari yang moge ampe toge tapi RX KING  sang raja jalanan tidak pernah menginjakkan kakinya di tanah jiran kalopun ada itu motor selundupan dari indonesia karna memang motor ini bener-bener DIHARAMKAN disana.


Yang punya KING jangan marah ya.. :D KEEP BROTHERHOOD..
Kalo ada salah mohon dimaklumi ya..









Sabtu, 22 September 2012

PERNAHKAH MOTOR ANDA MOGOK???

Apa browther pernah mengalami motor mogok waktu jalan?
Selama ditemani oleh yang namanya motor atau mobil pasti akan menempuh yang namanya mogok entah karna bensin habis, busi mati, rantai motor putus dll. apalgi pom bensin jauh bengkel gak ada sama sekali tentu bikin kita gigit jari ampe putus.
Sepenggal kisah yang saya alami karna motor mogok waktu lagi jalan.
motor mogok bikin kita naik darah, sabar & marah bercampr aduk jadi satu.
Sekitar 3 tahun yang lalu motor saya mogok di tengah jalan sepulang dari Senggigi waktu itu lagi malming sama doi tapi rumah doi di Mataram sedangkan saya pulang ke Lombok tengah jaraknya sekitar 18km dari rumah saya kerumah doi.
Lanjut cerita.. setelah menempuh jarak lumayan jauh dari rumah doi & jam menunjukkan angka 00:15 sudah tengah malam!! dengan santai menikmati perjalanan yang dingin dengan jalanan yang sepi, ketika nyampe di suatu per4an saya mengerm motor pelan-pelan lihat kiri kanan karna lampu merah sudah tidur tinggal matanya berkedip kuning dan disaat mau nurunin gigi ke posisi 3 sambil nahan neken kebelakang sambil lihat kiri kanan, dirasa aman mulai buka gas sedikit (masih nahan kopling) tapi kok mesin gak ada suaranya??
untung jalan sepi kalo gak bisa malu di klakson2 sama orang, bawa motor ketepian jalan mulai starter tapi apa daya semua sia sia :(
saya coba buka busi bersihin pasang lagi dengan semangat genjot kick starter pasti idup tapi.....
tidak membantu..udah nyerah dengan kondisi yang ada kios warung toko sudah pada nutup jalanan sepi sya putuskan untuk mengandeng motor pulang tiba-tiba ada orang pakai motor datang sambil bonceng temennya.
2 pemuda : motornya kenpa mas?
saya         : mogok mas.
2 pemuda : udah cek busi sama bensinnya?
saya          : udah mas, businya mati gak bawa cadangan lagi.
2 pemuda : pulang kemana??
saya          : lombok tengah.
2 pemuda : lombok tengah mana??
saya         ; bonjeruk.
2 pemuda : kita satu arah saya dari puyung, dari pada geret motorny jauh kita dorong aja mas.
saya          : iya mas, terimakasih aebelumnnya mau menolong.
Alhamdulillah ada juga bantuan datang, sambil ngobrol-ngbrol saya di bonceng & temennya yang bawa motor saya sambil di dorong, ternyata dia temennya teman sya... kebetulan jadinya gak terasa sudah nyampe rumah mereka pun pulang setelah saya berterima kasih dan ngajak mereka istirahat dirumah tapi mereka memilih pulang.
paginya cobak sya idupin motor lansung GREENG!!! jadi heran tadi malam kok gak bisa idup sekarang dengan mudahnya lansung hidup.
 mudahan kebaikan mereka dibalas sama ALLAH SWT amiiin..


lanjut lagi ceritanya neh,
tadi pagi sebelum berangkat kerja. setelah mandi & sarapan trus angetin motor dulu sebelum jalan tradisi turun temurun dari nenek moyang kita.waktunya jalaannnn!!! dengan semangat mengawali hari sabtu turunin motor dari standar tengah lansung duduk di jok pasang gigi 1 gas pelan-pelan tapi kok lansung mati.. :(
udah pukul 8:30 pagi lagi bisa telat brangkat kerja neh, lansung aja buka busi trus kompres mesin, pembakaran busi bagus merah bata tapi agak renggang rupanya saya coba rapetin dikit trusn pasang dan akhirnya JOOSSSS!!! lancar malhan tarikan agak ringan rasanya...
mudah-mudahan gak mogok2 lagi dah amiiiinnnn..
jangan lupa rawat kendaraannya baik-baik...
sekian dulu...

Jumat, 14 September 2012

PASANG SPION SATU AMANKAH???

Hal yang paling saya soroti adalah soal kaca spion sepeda motor. Kenapa hampir setiap sepeda motor yang saya temui hanya menggunakan kaca spion satu dan bahkan ada yang tidak sama sekali menggunakannya. Dalam peraturan berkendaraan tentu ini sudah melanggar dan dapat dikenakan sanksi. Karena dapat menimbulkan kecelakaan bagi pengguna sepeda motor dan juga pengguna sepeda motor yang lain.
Sepertinya kaca spion adalah sesuatu yang disepelekan oleh para pengguna sepeda motor. Padahal kegunaan kaca spion ini sangat begitu penting bagi para pengguna sepeda motor. Bukan hanya untuk sekedar berkaca tapi spion ini sangat membantu ketika kita akan melihat kondisi yang ada di belakang kita saat mengendarai sepeda motor. Mungkin sudah banyak kecelakaan lalu lintas yang terjadi disebabkan oleh pengguna sepeda motor yang tidak memasang kaca spion di sepeda motornya. Tapi ini tidak dijadikan pelajaran bahkan memasang kaca spion bukan karena kesadaran akan pentingnya kaca spion tapi karena hanya takut ditangkap polisi.



                                          sumber gambar : google



Pentingnya memasang kaca spion harus diberi tahu kepada masyarakat. Apakah melalui iklan ataupun penerapan sanksi langsung kepada pengguna sepeda motor yang melanggar. Mungkin tidak bisa langsung diterapkan begitu saja. Harus ada proses yang dilewati untuk mencapai itu semua. Tapi itu bukanlah hal sia-sia melainkan proses pembenahan kearah yang lebih baik. Namun itu semua harus harus dimulai dari kesadaran kita sebagai masyarakat. Dan juga tidak lepas dari campur tangan pemeritah juga.
Apapun alasannya dijalan safety adalah no 1 sayangi nyawa kita, nyawa orang lain dan keluarga menunggu dirumah. jangan cuma karna spion harus menghilangkan safety kendaraan kita agar kelihatan sporty justru salah besar.

keep safety riding :)

CATATAN PARA PENGENDARA UNTUK PARA CLUB & BIKER MOTOR

Tulisan ini hasil copas dari grup Cysers Solution (fb) karna tulisan ini membuka hati saya untuk saling tolomg menolong sesama manusia apalagi disaat seseorang lagi kesusahan ataupun ditimpa musibah.
tulisan dibawah ini memberikan bayak sekali pelajaran buat kita sebagai biker atau pun klub motor & silahkan baca untuk para club motor dan para biker lainnya.


"Saya heran, byk anak2 bikers yg blg
"Brotherhood", tp pda knyataannya
tdk mngrti artinya. Dalam perjalanan
plg ke rumah ,ada rombongan "club"
yg g prlu disebutkan, di smping kiri
jalan trnyta ada bapak yg menuntun motornya di bawah terik matahari yg
panas di susul belakangnya istri smbil
mnggendong anaknya. Betapa
kagetnya saya melihat rombongan

"club" trsebut hnya lewat bgtu saja tnpa
menolong/stidaknya berhenti utk mnyakan kerusakan motor bapak
trsebut.. Dan akhrnya saya berhenti utk brtnya
kpd bpk trsebut & trnyta cm khabisan
bensin,tp mengingat tmpt POM msh
jauh, dan pnjual bensin eceran msh
jauh. Akhrnya saya dorong motor bpk
trsebut dgn kaki saya, dan istrinya q suruh ikut di motor saya. Smp akhrnya
mnemukan pnjual bensin eceran. Skali lg Brotherhood itu bukan cm
memandang motor yg sama, teman2
yg sering brtemu/memakai atrbut yg
sama. Ttp brotherhood itu jg saling
mnolong ssma bikers yg kesusahan di
jalan. Senggangkan wktmu sejenak utk m
enolong sesama yg sedang
kesusahan . Di suatu saat, ktika km
kesusahan pst akan ditolong"

Mudah2an dengan tulisan dari seseorang yang sngat mulia yang telah meluapkan isi hatinya demi mempertahankan persaudaraan antar sesama manusia & memberikan kita banyak pelajaran sebagai biker khususnya agar kita bisa meluangkan waktu untuk menolong orang yang lagi kesusahan.


sumber: copas cysers solution fb

HONDA NEW PCX CUMA BEDA CC DOANG.....

kalo kemari kita bahas CBR sekarang kita lihat adik perempuannya yang sama-sama darim thailand.
meski sudah lama dikeluarkan oleh AHM yang versi 150cc tapi aku baru lihat kemarin secara detail.
pada awalnya dulu kapasitas mesinnya cuma 125cc Honda PCX banyak juga peminatnya bodinya yang bongsor sebagai ciri khas motor ini.
walaupun sudah dibahas oleh para blogger jauh sebelum keluar versi 150cc bukan bererti telat info,karna kemari pertama kalinya aku lihat motor ini secara lansung.


 cuma ada tambahan angka 150 aja...



 dari samping gak ada perubahan.



 kalo dibagian ini mirip sama saudaranya  NEW Vario techno 125



 lampu depan juga sama pendahulunya.



lampu belajang juga gituuu...



dibagian tutup kenalpot mirip juga sama NEW VARIO TECHNO 125.



jadi kesimpulannya cuma beda cc aja...
Spesifikasi Motor Honda PCX 150

Dimensi

Dimensi (P x L x T) 1.917 x 738 x 1.094
Jarak sumbu Roda 1.305 mm
Jarak terendah ke tanah 140 mm
Berat kosong 129 kg

Rangka

Rangka Tulang punggung
Suspensi depan Teleskopik
Suspensi belakang Lengan ayun dengan peredam kejut ganda
Ukuran Ban depan 90/90-14M/C 46P (tanpa ban dalam)
Ukuran Ban Belakang 100/90-14M/C 57P
Rem depan Cakram hidrolik dengan 3 piston
Rem belakang Tromol
Sistem pengereman Combi Brake System

Mesin

Tipe mesin 4 Langkah SOHC
Sistem pendinginan Pendinginan dengan cairan
Diameter x langkah 58,0 x 57,9 mm
Volume langkah 152,9 cc
Perbandingan kompresi 10,6 : 1 (bensin setara Pertamax Plus)
Daya maksimum 9.67 kW (13.1 PS) @ 8.500 rpm
Torsi maksimum 13.1 Nm (1.34 kgfm) @ 5.500 rpm
Kopling Otomatis, V-Matic
Starter Elektrik dengan sistem ACG Starter
Busi NGK CPR7EA-9

Kapasitas

Kapasitas tangki bahan bakar 5,9 liter
Sistem suplai bahan bakar Injeksi (PGM-FI)
Kapasitas Minyak Pelumas Mesin 0,8 liter pada penggantian periodik
Transmisi Otomatis, V-Matic

Kelistrikan

Aki 12V – 5AH (tipe MF)
Sistem pengapian Full transistor, Baterai
Lampu depan 12V – 35W x 2
Lampu senja 12V – 5W x 2               

Senin, 03 September 2012

HONDA CBR BARU GAN!!!!

Disaat para blogger lagi sibuk ngebahas NEW VIXION & si besiTERALIS
tidak lupa juga honda akan mengeluarkan motor trail saingan buat kawasaki,
tapi aku akan mengajak temen2 untuk melihat penampakan honda CBR yang masih baru & masih di bungkus yang di impor lansung dari thailand .
melalui blog kecil sederhana ini mari kita lihat barang buktinya di TKP!





neh barcodenya...








ne dia motornya...






































benerkan BROWTHER????
aku gak bohong itu mang HONDA CBR BARU tapi bukan model baruuu.... hehehhe
itu 100% baru belum dipake jalan2 hahaha...
sebagai bonus telah melihat aku kasi 1 truk motor..


 matep bukan...
silakan dipilih-pilih......



Selasa, 28 Agustus 2012

WASPADA MESIN VARIO RAWAN PATAH!!!

Setiap orang pasti menginginkan kendaraan yang terbaik untuk dipake sehari-hari
yang tentunya bebas dari masalah apapun, namun motor itu adalah buatan manusia pasti ada kekurangannya sama halnya dengan manusia.
berkaitan dengan judul di atas tentang mesin vario rawan patah yag saya maksud adalah di AS STANDAR TENGAH berikut barang bukti yang di temukan di TKP.




























Parah banget yaa.. apalagi posisinya bak mesin di bagian no mesinnya..
kalo yang masih normal gene dia rupanya..










memang kalo dilihat bagian mesin yang melingkari as standar tengah mtor ini kurang tebal apabila terjadi benturan keras akan rawan sekali patah.





benerkan??

nah, untuk semua pemilik motor untuk sering2 mengecek kendaraannya jangan sampe hal-hal yang tidak kita inginkan terjadi seperti contoh di atas.
kejadian di atas terjadi karna benturan yang sangat keras mengenai mesin yng melingkari as standar tangah walaupun didepannya ada pelindung biar gak kandas tapi tdk menjamin untuk kita agar selalu waspada melewati jalan yang tidak rata.




untuk itu syangilah motor kita seperti menyayangi pacar kita hehehhe....

sekian dulu yaa.. mudahan membantu..

Senin, 27 Agustus 2012

motor petamaku

sebelum kita beli sesuatu pasti kita memikirkannya terlebih dahulu
apalagi barang yang kita beli harganya tidak maen2 (mahal)
untuk itu perlu pertimbangan matang2 sebelum membeli sesuatu.

dulu sebelum saya punya motor untuk kendaraan sehari2 saya selalu nebeng ma temen kalo mau keluar atau jj bareng temen, pada akhirnya bapak saya dirantauan mengirimkan uang untuk beli motor pada waktu itu kakak saya yang memilih motor apa yang mau dibeli.
setelah beberapa bulan belum juga dapet2 motor yang seperti kita inginkan datanglah paman saya menawarkan membeli motor baru, setelah berunding dengan kakak saya akhirnya kita setuju membeli motor baru dengan kredit kebetulan paman ku itu kerja di dealer motor.

masi bingungkan motor apa yang mau saya beli???
kebetulan juga waktu itu lagi ada program cash back dll dah maklum taktik dealer jadi kalo mau kredit murah angsurannya, dan pilihan kita jatuh pada motor
NEW HONDA SUPRA FIT 2006!!!
warna merah putih tapi karna gak mau tampil standard aku ubah dikit catnya, karang unurnya dah 6 tahun menemani saya dengan setia.
walaupun banyak yang bilang motor ojek atau apa tapi buatku motor ini adalah teman setiaku yang salalu menemaniku kemana ku pergi.
kalo mesin masih full standard cuman aku ganti kenalpotnya punya revo 100, shock belakang suzuki smash karna lebih empuk, front fendernya punya revo 100 juga, tutp bodi ma joknya punya fit S (sebenarnya sama tapi cuma beda nama aja ) kalo untuk bannya aku pake IRC aja.
di odometernya aja udah balik ke nol lage karna spedometernya salalu aktif gak pernah aku kasi mati biar tau jarak tempuh.
sekarang dia punya saudara biar dia gak kesepian yaitu HONDA CS 1













mudahan mereka akur ya..
salam ANAK BONJERUK


Minggu, 26 Agustus 2012

my honda cs 1 (city sport one)

halloooo brother...
sudah lama gak update postingan neh, maklum kalo online diwarnet ajja...
di postingan kali ini aku mau bahas motor yang baru aku beli tgl 26-07-2012 mau tau motornya apa????








ne diaa....!!!!
HONDA CITY SPORT ONE!!! hehehehe...
setelah sekian lama memilah dan memlih motor buat tunggangan akhirnya pilihanku jatuh di motor ini.
mudahan gak salah pilih ya mas brow...

Berdasarkan info yang tertera di brosur Honda CS1, spesifikasi motor dijelaskan berikut ini :


Panjang x lebar x tinggi : 1.932 x 682 x 1.042 mm
Jarak sumbu roda : 1.251 mm
Jarak terendah ke tanah : 130 mm
Berat Kosong : 114 kg

Tipe rangka : Twin tube frame
Tipe suspensi depan : Teleskopik
Tipe suspensi belakang : Tunggal (Monoshock)
Ukuran ban depan : 70/90 – 17 M/C 38P
Ukuran ban belakang : 80/90 – 17 M/C 44P
Rem depan dan belakang : Cakram hidrolik, dengan piston ganda dan tunggal untuk bagian belakang
Kapasitas tangki bahan bakar : 4,1 liter
Tipe mesin : 4 langkah, OHC, pendinginan air
Sistem pendinginan : Radiator dengan kipas elektrik
Diameter x langkah : 58 x 47,2 mm
Volume langkah : 124,7 cc
Daya maksimum : 9,44 kW / 10.000 rpm
Torsi maksimum : 10,2 N.m / 7.500 rpm
Kopling : manual, multiplate wet clutch
Gigi transmisi : 5 kecepatan
Pola pengoperan gigi : 1-N-2-3-4-5
Starter : electrik & kick starter
Sistem pengapian : DC – CDI

sekrang motor saya ne dah menempuh jarak 1220 km,selama pemakaian sejauh ini aku rsa oke2 aja
cuma panas mesin masih terasa dikaki apa karna olinya ya??? selaen itu gak ada masalah, malahan pernah aku geber ampe 120kpj boncengan dengan total berat kami 91kg masih bisa lebih tapi gak berani lebih lge.. takut hehehe
seperti ak baca di media otomotif motor ne mang enak dibawa meliuk2 dijalan tidak ada rasa ngebuang apalgi di tikungan tajam mantep beneerr duluan mentok pedal depannya,
aku rasa jarak knalpot ke tanah terlalu pendek jadi sering mentok kalo mau naek tanjakan masuk kerumah dengan boncengan.
walopun byak orang ngeledek model depanya tapi tidak menyurutkankan saya buat meminangnya karna itu SELERA..
memilih motor ibarat kita memilih calon istri mana yang terbaek dan sreg buat kita jadi ngapain indeng ( dengar) kata orang yang hanya bisa ngomong tapi yang mengalami kan kita jadi ndak urus omongan orang tetapkan pilihan kita...
sekian dulu ya, oh ya lupa
MINAL AIDIN WALFAIZIN MOHON MAAF LAHIR BATHIN
 

Jumat, 20 Juli 2012

Riding Posture ALA Astra Motor

Dalam melakukan teknik ngerem, bukan semata fokus pada bagaimana menarik tuas rem. Penting juga diperhatikan postur berkendara alias riding posture. Riding posture berfungsi menjaga keseimbangan dan kenyamanan dalam berkendara. Dengan Riding Posture yang benar membuat pengereman sepeda motor ngepot, begitu juga saat melakukan manuver atau berbelok.

Menurut chief instruktur safety riding PT AHM, Anggono Iriawan, ada 7 (tujuh) riding posture yang mesti diketahui. Yakni; 1. Mata, 2. Pundak, 3. Siku, 4. Tangan, 5. Pinggul, 6. Lutut, 7. Kaki.

Masing-masing memiliki fungsi sendiri. Mata, fungsinya untuk melihat. ”Pandangan mesti jauh. Agar jarak pandang lebih luas. Juga memudahkan dalam antisipasi jika ada obyek lainnya yang mengganggu” jelas Anggono.

Dalam berkendara, sebaiknya, pundak dibikin rileks. Jangan tegang karena itu akan membuat kenyamanan berkendara akan berkurang. Ujung-ujungnya, badan jadi gampang letih alias capek deh!
    
Bukan cuma itu, Sudut siku yang lurus juga bisa bikin susah pengendara dalam melakukan manuver. Gerak setang ke kiri dan kanan pun akan terlihat kaku.

Tapi begitunya, posisi siku juga jangan lurus. “Sudut siku idealnya 120 derajat, dengan begitu, pegangan tangan ke setang jauh lebih kuat. Dan tentunya juga, tidak membuat badan jadi gampang pegal,” tambah instruktur yang pernah ikut kursus safety riding di Jepang ini.
    
Jari tangan memegang bagian tengah dari grip, dengan demikian akan memudahkan pengendara mengoperasikan handel gas, rem, kopling, sakelar dan switch lainnya.
 
Posisi duduk ikut berpengaruh terhadap pinggul. Duduk terlalu jauh dari setang tidak baik. Begitu pula kalau terlalu dekat. Pada motor tipe sport, posisi lutut idealnya mengempit tangki. ”Saat cornering alias berbelok, posisi begini akan memudahkan,” beber AIR panggilan akrabnya. Pijakan rem dan perseneling harus tegak lurus dengan kaki. Ini untuk antisipasi, ketika terjadi pengereman mendadak. Dengan begitu pengendara bisa langsung injak tuas. Silahkan mencoba...








(SRP-ASTRA MOTOR)

Minggu, 15 Juli 2012

tips berkendara

Teknik Pengereman
Pengereman merupakan tindakan pencegahan terhadap benturan. Lakukan dengan cara yang benar. Ada beberapa teknik pengereman yang dikenal, yaitu Normal Braking (ease and squeeze), Threshold dan Pulse.
Bila kendaraan sudah dilengkapi ABS, Anda tinggal tekan pedal rem sekeras mungkin tanpa takut ban mengunci, mobilpun masih bisa dikendalikan.
Bila tak dilengkapi ABS, lakukan teknik Threshold, dimana Anda menginjak pedal sekeras mungkin tapi jangan sampai roda mengunci. Jika ban mengunci, kurangi injakan rem. Ingat, selalu jaga kekuatan injakan di titik kritis.
Dengan teknik Pulse, buatlah pulsa injakan rem dengan cara menendang keras pedal berulang kali sampai mobil berhenti. Semakin cepat dan kuat tendangan, makin cepat pula kendaraan berhenti. Cara ini efektif di jalan yang licin.
Perlu diperhatikan pula kondisi jalan saat melakukan pengereman. Jalan licin, jalan tanah atau jalan rusak, maupun jalan dengan polisi tidur membutuhkan teknik dan kemampuan pengereman yang sesuai.
Satu hal lagi, pengereman akan optimal bila Anda tidak panik!
Menembus Banjir
Banjir bukan halangan di jalan jika Anda bisa mengantisipasinya dengan tepat.
  1. Pastikan Anda hapal dengan rute jalan.
  2. Cermati genangan air. Bila setinggi setengah ban, keadaan masih normal.
  3. Lewati genangan secara perlahan.
  4. Jaga kecepatan secara konstan karena bisa membantu menciptakan gelombang haluan di sisi mobil sehingga ruang mesin aman, jangan menginjak pedal kopling (setengah kopling, pakai gigi rendah gigi 1) dengan rpm sekitar 1.500 atau 2.000 dan usahakan tidak berhenti ditengah-tengah.
  5. Hindari percikan air membasahi mesin dengan cara mematikan AC saat menerjang banjir.
  6. Bila sudah melewati genangan, jalan perlahan dan injak pedal rem setengah untuk mengeringkan kampas rem yang basah. Bila dibiarkan basah bisa berakibat rem blong.
Situasi Darurat Siapapun tak bisa mengelak dari situasi darurat yang selalu datang tak terduga selama perjalanan. Berikut tips yang bisa Anda terapkan bergantung situasinya.
  1. Understar (moncong mobil tak mau belok di tikungan)
    Jangan banting stir. Kurangi putaran roda kemudi secara bertahap. Lalu kurangi tekanan pedal gas secara halus untuk mengembalikan titik berat kembali ke bagian depan mobil.
  2. Oversteer (bagian belakang terlempar menjauhi mulut tikungan)
    Hindari akselerasi atau deselerasi secara mendadak. Lakukan counter steer, lalu akselerasi secara halus dan bertahap.
  3. Rem blong
    Segera pompa pedal rem. Pindahkan perseneling ke gigi lebih rendah. Bila sistem rem gagal, gunakan rem tangan dengan tetap menahan tombol pengunci. Lalu pinggirkan ke tempat yang aman untuk berhenti.
  4. Pecah ban
    Kendalikan stir dengan pasti. Pindah perseneling ke gigi lebih rendah secara halus dan bertahap. Jangan injak rem. Saat mobil dapat dikendalikan, injak rem secara bertahap sampai berhenti total.
  5. Mesin mendadak mati
    Pinggirkan kendaraan ke tempat aman. Beri sinyal dan nyalakan lampu emergensi (hazard). Pasang segitiga pengaman, lalu panggil bantuan.
  6. Kebakaran di mobil
    Segera tepikan kendaraan di tempat aman, lalu keluar menjauh dari mobil. Bila api terlalu besar, jangan nekat memadamkan sendiri dengan air karena kurang efektif untuk kebakaran dari bahan bakar dan oli. Segera panggil bantuan.

TAM

stres

STRES
Karya Martha Friska Sirait

Siang itu suhu udara sangat terasa panas, namun merupakan sahabat baik bagi mereka-mereka yang sedang mencuci pakaian. Dengan bermodalkan kaki ayam, seorang anak rela berlari ditengah teriknya matahari tanpa mengindahkan rasa panas yang berada ditelapak kakinya.
“ Bu, beli gorengannya dua ribu. Satu goreng pakai satu koran ya Bu”
Setelah menghabiskan gorengannya, Andre kembali ketempat dimana ia sering menghabiskan waktunya dari pagi hingga sore. Ia selalu menunggu orang yang keluar dari tempat perbelanjaan dan menawarkan tenaganya untuk membawa barang-barang belanjaan mereka sampai ke tempat parkiran.
“ Terima kasih ya, kamu tidak sekolah ?”
“ Tidak Pak, tidak ada biaya untuk bersekolah”
“ Orang tua kamu mana ?”
“ Saya anak yatim piatu. Orang tua saya telah meninggal saat saya masih bersekolah kelas empat SD.”
“ Hmm..., Bapak turut prihatin. Ini upah kamu, jangan pernah patah semangat ya Nak”
“ Terima kasih Pak”
Ia masih menunggu dan terus menunggu, jauh di depan pintu tempat perbelanjaan. Hingga suatu ketika disaat ekor matanya melirik sesuatu yang begitu membuat dirinya penasaran, ia berdiri dari tempat duduknya dan mulai melangkahkan kakinya ketempat matanya tertuju.
“ Apa yang sedang Bapak lakukan ?”
“ Saya ingin membawanya ke rumah sakit”
“ Memangnya anjing Bapak sakit apa?”
“ Dia tidak mau makan dan terkadang terlihat begitu lemas, saya menduga bahwa anjing ini sakit”

Dengan perlahan Andre mendekati anjing itu dan melakukan sesuatu kepada anjing tersebut. Sesaat kemudian anjing itu langsung kembali segar dan menggoyangkan ekornya.
“ Anjing Bapak hanya merasa sesak nafas, dan itu disebabkan karena rantai yang anda pasang pada lehernya terlalu kencang sehingga membuatnya lemas”
“ Oh, terima kasih ya Nak”
“ Ya, sama-sama Pak”

Keesokan harinya Andre kembali ketempat dimana Ia sering menghabiskan uangnya.
“ Bu, beli gorengan. Seperti biasa ya Bu”

Membeli gorengan bukanlah suatu kebiasaan olehnya. Hanya saja, degan membeli gorengan tersebut ia bisa melakukan sesuatu yang ia gemari. Tidak ada yang tau mengapa, bahkan si penjual gorengpun tidak mengetahuinya. Itu hanya kebiasaan semata yang mungkin tidak semua anak-anak menyukainya.
“ Kau mau bekerja sebagai pesuruh di tempat saya bekerja, saya hanya sebagai tukang bersih-bersih disuatu Rumah Sakit, bagaimana kamu mau ?”
“ Saya mau Pak, tapi saya tidak mempunyai baju yang bagus untuk bekerja di sana”
“ Tenang saja, seragam telah disediakan di sana. Pukul dua siang kamu datang kesini dan kita akan berangkat bersama”
Rumah Sakit itu sangat besar dan megah. Tidak hanya terlihat dari stuktur bangunannya saja, tetapi juga dari pasiennya. Banyak jenis binatang yang bernilai jual tinggi menjadi pasien di rumah sakit tersebut. Andre sangat senang dan merasa beruntung pada saat itu. Setelah ia diterima bekerja, ia semakin bersemangat membeli gorengan dan mencari buku-buku bekas.

Satu minggu telah berlalu dan kini Andre mulai terbiasa dengan segala pekerjaannya. Ia sangat rajin dan selalu dapat menyelesaikan tugasnya dengan cepat namun memuaskan. Dan ketekunannya itu dihargai oleh pihak Rumah Sakit dan memberinya kenaikan gaji.
“ Terjadi infeksi Nosokomial di Rumah sakit ini ! Wajar pasien stres karena ditempatkan di lingkungan baru dan terjadi disemua Rumah Sakit, tapi aneh sekali kalau banyak kasus seperti ini”
“ Kamu fikir diagnosis dokter Ran itu salah, infeksi Nosokomial biasanya karena virus Parvo kan, klo kamu menentang dokter kamu akan dipecat dari sini”. Virus parvo adalah virus yang masuk ke jepang sekitar tahun 1980-an yang menyebabkan muntaber akibat infeksi Nosokomial.
“Apa kita tidak bisa mengatakan pendapat kita disini dengan bebas, demi menolong pasien?”
“ Kamu fikir kamu siapa, Ndre. Kamu hanya petugas kebersihan disini, sedangkan Bu Ran adalah dokter”

Karena andre tidak bisa menerima itu, lalu Ia pergi mendatangi dokter Ran dan memintanya melakukan pemeriksaan secara menyeluruh pada setiap pasien dan cari tahu virusnya. Mendengar pernyataan Andre, dokter Ran tidak bisa menerimanya. Karena itu sama saja menyatakan bahwa diagnosisnya salah tanpa bukti.
“ Kalau begitu tolong dilakukan pemeriksaan agar aku bisa meminta bantuan dokter lain untuk menunjukkan dasarnya”
“ Tidak bisa. Saya tidak memberikan izin untuk itu. Karena kamu yang menuduh saya tanpa bukti. Jika kamu tidak bisa membuktikannya, maka kamu harus bertanggung jawab. Saya akan memenjarakan kamu karena telah mencemarkan nama baik saya.” dokter Ran adalah anak dari pemilik Rumah Sakit, oleh karena itu Dia bisa melakukan apa saja di Rumah sakit tersebut.

Setelah mendengar pernyataan dokter itu, Andre kembali ke ruangannya. Sejenak ia berfikir. Aku sudah memeriksa efek samping dan kemungkinan alergi obat yang diberikan. Dan aku sudah mencari tahu keberadaan virus parvo, kemungkinannya penyebabnya makanan dari Rumah Sakit ini.
“ Guk..Guk..Guk...”
“ Ada apa anjing manis?” sesaat andre melihat keatas untuk memperhatikan mengapa anjing tersebut menyalak ke arah atas, dan ia melihat banyak kecoa yang berlalu lalang. Langit-langit itu memeng terlalu tinggi untuk bisa dibersihkan, lalu tiba-tiba Andre terdiam seperti tahu sesuatu.

Sejak kejadian itu, Andre tidak lagi berbicara apa-apa. Namun belakangan ini Rumah Sakit menjadi lebih bersih dari sebelumnya. Beberapa orang mengatakan bahwa Andrelah yang membersihkan seluruh Rumah Sakit itu agar ia tidak jadi dipecat. Tiba-tiba dokter Boy, selaku pemilik rumah sakit tersebut datang menemui dokter Ran.
“ Kabarnya Andre membersihkan Rumah Sakit ini sendirian dan membasmi kecoak-kecoak yang berada diatap. Aku penasaran kenapa Dia begitu peduli soal kebersihan dan aku sudah menyelidikinya. Ini catatan rekam medik pasien yang dirawat akhir-akhir ini dan hasil pemeriksaan pasien penderita gastritis akut. Coba dilihat !”

Setelah membaca hasil itu, dokter Ran sangat terkejut. Dan tidak lama saat itu, Andre datang keruangan dokter Boy.
“ Oh, kamu sudah datang. Terima kasih ya, berkatmu kami jadi tahu ada infeksi Nosokomial akibat kecoak”
“ Tempat ini menjadi bersih baru sekarang ini. Kita harus mengumpulkan data dulu agar kita tahu pasti kecoak benar penyebab Gastritis akut” sahut dokter Ran.
“ Memang kecoa penyebabnya, karena pasien terinfeksi bakteri Pylory! Setelah saya teliti, memang benar kecoak punya kemungkinan tertinggi sebagai perantara bakteri Pylori. Bukan hanya manusia, tetapi juga hewan. Bila terkena bakteri tersebut, pasien akan terkena Gastritis akut, radang lambung dan kanker lambung. Dan penyebab bakteri itu dari kotoran kecoak yang mungkin bercampur dengan makanan atau minuman pasien disini.”
“ Jadi, diagnosisku benar-benar salah, lalu dari mana kamu tau Ndre bahwa kecoaklah penyebab bakteri itu?”
“ Saya melihat seekor anjing yang menyalak ketika melihat kecoak di langit-langit tempat ini. Anjing hanya menyalak pada sesuatu yang tidak biasa dilihat olehnya, kemungkinan anjing itu tidak biasa melihat kecoak di kediaman majikannya”
“ Kita akan memeriksa pasien dan menyembuhkan mereka. Dokter Ran, salah diagnosis kali ini kesalahan Rumah Sakit. Aku tidak akan membebankan kepadamu seorang diri. Tapi, jangan sampai terulang lagi ! Camkan itu baik-baik ! sekarang keluar dari ruangan saya”
“ Permisi Pak”
“ Andre, sekali lagi sanya minta maaf serta mengucapkan terima kasih kepadamu atas apa yang telah kamu lakukan. Memang seharusnya dokter Ran tidak memperlakukan kamu seperti itu, setiap orang berhak mengeluarkan pendapatnya. Tapi kalau boleh saya tahu, apakah kamu mengetahui bahwa kecoak merupakan perantara bakteri Pylori ?”
“ Ya, Pak. Tapi saya tidak diberi izin oleh dokter Ran untuk melakukan pemeriksaan. Maka dari itu saya hanya bisa berusaha agar kecoak-kecoak disini tidak ada lagi”
“ Dari mana kamu tahu, kamu suka membaca buku kesehatan ya?”
“ Saya tidak punya cukup uang untuk membelinya. Saya hanya gemar membaca. Maka dari itu saya suka membeli gorengan hanya untuk mengambil korannya saja serta mengambil buku-buku dan koran-koran bekas agar bisa menbaca”
“ Menakjubkan. Baiklah, kamu tidak akan dipecat”
“ Terima kasih Pak”
Setelah kejadian itu, tidak seorangpun yang berani menganggap Andre seorang pekerja biasa yang tidak memiliki suatu kemampuan ataupun kecerdasan.\

DMCA

kumpulan kata-kata bijak mario teguh

Orang yg malas telah membuang kesempatan yg diberikan Tuhan, padahal Tuhan tidak pernah menciptakan sesuatu dengan sia-sia.
Jangan nilai org dari masa lalunya krn kita semua sudah tidak hidup di sana. Semua org bisa berubah, biarkan mereka membuktikannya.
Jadikan kepandaian sebagai kebahagiaan bersama, sehingga mampu meningkatkan rasa ikhlas tuk bersyukur atas kesuksesan.
Kadang kamu harus buat keputusan tuk mengalah, atau kamu akan kehilangan dia yg kamu cinta hanya karena kamu keras kepala.
Dalam cinta, ketika ada yg berbeda, jangan mencari siapa yg salah, karena kamu dan dia adalah tim yg sama dengan tujuan yg sama.
Orang yang bisa mengendalikan emosinya adalah pemenang hidup sejati.
Jika bertanya, jgn mendiktekan jawabannya, agar informasi baru bisa bertamu.
Sebenarnya tantangannya bukan me-manage waktu tapi me-manage diri kita sendiri.
Anda mengetahui apa yg sharusnya tdk dilakukan ketika Anda "gagal".Jd Anda menciptakan pengetahuan baru&itu bkn kegagalan.
Lebih mudah melakukan sesuatu dengan benar daripada menjelaskan mengapa Anda tidak melakukannya dengan benar.
Seringkali kamu ragu untuk mengucapkan apa yg ada dihatimu karena kamu tidak yakin dia akan mendengarkanmu.
Yang penting itu bukan apa yang kita ketahui tapi apa yang kita bersedia pelajari.
Jgn menyerang org krn iri ; dengki agar relasi & rejeki terus bersemi dlm hidup ini.
Pria, Jika wanita marah, ajaklah dia berbelanja atau ke salon. Niscaya amarahnya langsung hilang.
Meski disakiti berkali-kali, wanita bijak tetap bs memafkan dan semakin tegar seperti batu karang.
Makanan enak yg ditawarkan ke pria yg sedang marah, akan memedam amarahnya.
Menangis mungkin bukan solusi tp terkadang dapat menjadi obat penenang.
Wanita bijak seperti angsa diatas air. Anggun namun tetap bekerja. Tetap tegar meski terluka.
Jgn pikirkan kegagalan kemarin, hari ini sdh lain, sukses pasti diraih selama semangat masih menyengat.
Marilah kita membaikkan diri, sebelum menyesal pun tidak ada gunanya.
Wahai Yang Maha Lembut,manjakanlah hatiku yang sendiri ini, bahagiakanlah aku dalam pernikahan yg penuh cinta, yang mesra, yang setia.
Wahai Yang Maha Cinta, sandingkanlah aku dengan jiwa pilihan-Mu, yg krn kebaikanku - baikkanlah ia, tapi jika ia lebih baik - baikkanlah aku.
Bukan kemiskinan yang merendahkan, tapi hati yang menistai kebaikannya sendiri.
Tuhan, sesungguhnya kedamaianku hanya seperkasa keberserahanku kpd kekuasaan-Mu. Aku mohon Engkau menegaskan hatiku utk menetapkan pilihanku.
Tuhan, kami titip Ibunda kami ya? Mohon dijaga, disayangi, dan dipastikan bahwa hatinya damai dan bahagia.
Burung tidak akan bisa terbang sebelum ia mencoba mengepakkan sayap. Kita pun begitu, jika ingin bisa melakukan sesuatu, kita harus mencoba.
Senyuman adalah obat gratis yang mampu membuat awet muda dan menambah kecantikan/ketampanan secara isntan dan otomatis.
Hidup terasa manis bagi yg berpikir demikian, pahit bagi yg berpikir sebaliknya.
Org sombong biasanya suka mengatakan hal berlebihan yg sebenarnya tdk ada padanya.
Org yg emosional biasanya kurang rasional hingga tindakannya tidak proporsional.
Kesabaran memang penuh ujian, jika anda selalu lulus, kemenangan itu akan permanen selamanya.
Tuhanku, teduhkanlah hatiku dan pagari aku dengan malaikat-Mu malam ini agar esok pagi aku terbangun dengan damai. Amin.
Jgn sedih bila belum dipromosi krn tdk pandai cari muka, 'muka' akan datang jika anda tetap bekerja dgn hati.
Tuhan Yang Maha adil, berikanlah aku keadilan atas mereka yang telah melukaiku dengan sengaja. Amin.
Jgn sedih bila skrg msh dipandang sebelah mata, buktikan bahwa anda layak mendapatkan kedua matanya.


kata-kata bijak

Ketika seseorang berusaha menjauhi hidupmu, biarkanlah. Kepergian dia hanya membuka pintu bagi seseorang yg lebih baik tuk masuk.
Kadang masalah adalah sahabat terbaikmu. Mereka buatmu jadi lebih kuat, dan buatmu menempatkan Tuhan di sisimu yg paling dekat.  
Jangan yakinkan diri bahwa dia menyukaimu, hanya krna dia bersikap manis padamu. Kadang kamu hanya sebuah pilihan ketika dia bosan.
Jangan pernah meremehkan diri sendiri. Jika kamu tak bahagia dengan hidupmu, perbaiki apa yg salah, dan teruslah melangkah.
Jangan membenci mereka yg mengatakan hal buruk tuk menjatuhkanmu, karena merekalah yg buatmu semakin kuat setiap hari.
Terkadang, kamu berpikir seseorang telah berubah tanpa kamu menyadari hal itu terjadi karena dia mulai bersikap dewasa.
Sesuatu yg menyenangkan bagaimana seseorang mampu membuatmu tersenyum, hanya dengan memikirkan dirinya. Happy
Jadi dirimu sendiri agar ketika seseorang mencintai, kamu tak perlu takut jika dia akan temukan dirimu bkn org yg ingin dia cintai.
Perasaan yg paling berbahaya adl iri, krn iri hati melahirkan kebencian, & kebencian akan membunuhmu perlahan.
Tak peduli seperti apa hidupmu, km slalu punya pilihan untuk melihat dari sisi baiknya atau sisi buruknya.
Hanya karena seseorang terlihat kuat di hadapanmu, tak berarti dia bisa begitu kuat ketika tanpamu.
Jangan selalu katakan "masih ada waktu" atau "nanti saja". Lakukan segera, gunakan waktumu dengan bijak.
Hidup terlalu singkat jika hanya menyesal. Hidup hanya sekali, namun jika digunakan dengan baik, sekali saja cukup!
Hidup ini bukan hanya mencari yang terbaik, namun lebih kepada menerima kenyataan bahwa kamu adalah kamu. Jadi dirimu sendiri.
Org yg bijak adl yg tahu siapa yg harus dia percaya. Org yg lbh bijak adl dia yg selalu bisa dipercaya.
Sadarilah, mengeluh tidak menyelesaikan apapun. Mengeluh hanya akan menambah beban dihati. Berhentilah mengeluh, segera bertindak!
Jangan jadikan kegagalan kemarin sebagai penghambat hari ini. Semangat untuk membuat hari esok lebih baik, melalui hari ini.
Perbuatan adalah cerminan isi hati. Jika hati dipenuhi kebaikan, maka sikap dan tindakan akan baik, pun sebaliknya.


bawang merah dan bawang putih

Cerita Rakyat Riau, Sumatera

Jaman dahulu kala di sebuah desa tinggal sebuah keluarga yang terdiri dari Ayah, Ibu dan seorang gadis remaja yang cantik bernama bawang putih. Mereka adalah keluarga yang bahagia. Meski ayah bawang putih hanya pedagang biasa, namun mereka hidup rukun dan damai. Namun suatu hari ibu bawang putih sakit keras dan akhirnya meninggal dunia. Bawang putih sangat berduka demikian pula ayahnya.

Di desa itu tinggal pula seorang janda yang memiliki anak bernama Bawang Merah. Semenjak ibu Bawang putih meninggal, ibu Bawang merah sering berkunjung ke rumah Bawang putih. Dia sering membawakan makanan, membantu bawang putih membereskan rumah atau hanya menemani Bawang Putih dan ayahnya mengobrol. Akhirnya ayah Bawang putih berpikir bahwa mungkin lebih baik kalau ia menikah saja dengan ibu Bawang merah, supaya Bawang putih tidak kesepian lagi.

Dengan pertimbangan dari bawang putih, maka ayah Bawang putih menikah dengan ibu bawang merah. Awalnya ibu bawang merah dan bawang merah sangat baik kepada bawang putih. Namun lama kelamaan sifat asli mereka mulai kelihatan. Mereka kerap memarahi bawang putih dan memberinya pekerjaan berat jika ayah Bawang Putih sedang pergi berdagang. Bawang putih harus mengerjakan semua pekerjaan rumah, sementara Bawang merah dan ibunya hanya duduk-duduk saja. Tentu saja ayah Bawang putih tidak mengetahuinya, karena Bawang putih tidak pernah menceritakannya.

Suatu hari ayah Bawang putih jatuh sakit dan kemudian meninggal dunia. Sejak saat itu Bawang merah dan ibunya semakin berkuasa dan semena-mena terhadap Bawang putih. Bawang putih hampir tidak pernah beristirahat. Dia sudah harus bangun sebelum subuh, untuk mempersiapkan air mandi dan sarapan bagi Bawang merah dan ibunya. Kemudian dia harus memberi makan ternak, menyirami kebun dan mencuci baju ke sungai. Lalu dia masih harus menyetrika, membereskan rumah, dan masih banyak pekerjaan lainnya. Namun Bawang putih selalu melakukan pekerjaannya dengan gembira, karena dia berharap suatu saat ibu tirinya akan mencintainya seperti anak kandungnya sendiri.

Pagi ini seperti biasa Bawang putih membawa bakul berisi pakaian yang akan dicucinya di sungai. Dengan bernyanyi kecil dia menyusuri jalan setapak di pinggir hutan kecil yang biasa dilaluinya. Hari itu cuaca sangat cerah. Bawang putih segera mencuci semua pakaian kotor yang dibawanya. Saking terlalu asyiknya, Bawang putih tidak menyadari bahwasalah satu baju telah hanyut terbawa arus. Celakanya baju yang hanyut adalah baju kesayangan ibu tirinya. Ketika menyadari hal itu, baju ibu tirinya telah hanyut terlalu jauh. Bawang putih mencoba menyusuri sungai untuk mencarinya, namun tidak berhasil menemukannya. Dengan putus asa dia kembali ke rumah dan menceritakannya kepada ibunya.

“Dasar ceroboh!” bentak ibu tirinya. “Aku tidak mau tahu, pokoknya kamu harus mencari baju itu! Dan jangan berani pulang ke rumah kalau kau belum menemukannya. Mengerti?”

Bawang putih terpaksa menuruti keinginan ibun tirinya. Dia segera menyusuri sungai tempatnya mencuci tadi. Mataharisudah mulai meninggi, namun Bawang putih belum juga menemukan baju ibunya. Dia memasang matanya, dengan teliti diperiksanya setiap juluran akar yang menjorok ke sungai, siapa tahu baju ibunya tersangkut disana. Setelah jauh melangkah dan matahari sudah condong ke barat, Bawang putih melihat seorang penggembala yang sedang memandikan kerbaunya. Maka Bawang putih bertanya: “Wahai paman yang baik, apakah paman melihat baju merah yang hanyut lewat sini? Karena saya harus menemukan dan membawanya pulang.” “Ya tadi saya lihat nak. Kalau kamu mengejarnya cepat-cepat, mungkin kau bisa mengejarnya,” kata paman itu.

“Baiklah paman, terima kasih!” kata Bawang putih dan segera berlari kembali menyusuri. Hari sudah mulai gelap, Bawang putih sudah mulai putus asa. Sebentar lagi malam akan tiba, dan Bawang putih. Dari kejauhan tampak cahaya lampu yang berasal dari sebuah gubuk di tepi sungai. Bawang putih segera menghampiri rumah itu dan mengetuknya.
“Permisi…!” kata Bawang putih. Seorang perempuan tua membuka pintu.
“Siapa kamu nak?” tanya nenek itu.

“Saya Bawang putih nek. Tadi saya sedang mencari baju ibu saya yang hanyut. Dan sekarang kemalaman. Bolehkah saya tinggal di sini malam ini?” tanya Bawang putih.
“Boleh nak. Apakah baju yang kau cari berwarna merah?” tanya nenek.
“Ya nek. Apa…nenek menemukannya?” tanya Bawang putih.

“Ya. Tadi baju itu tersangkut di depan rumahku. Sayang, padahal aku menyukai baju itu,” kata nenek. “Baiklah aku akan mengembalikannya, tapi kau harus menemaniku dulu disini selama seminggu. Sudah lama aku tidak mengobrol dengan siapapun, bagaimana?” pinta nenek.Bawang putih berpikir sejenak. Nenek itu kelihatan kesepian. Bawang putih pun merasa iba. “Baiklah nek, saya akan menemani nenek selama seminggu, asal nenek tidak bosan saja denganku,” kata Bawang putih dengan tersenyum.

Selama seminggu Bawang putih tinggal dengan nenek tersebut. Setiap hari Bawang putih membantu mengerjakan pekerjaan rumah nenek. Tentu saja nenek itu merasa senang. Hingga akhirnya genap sudah seminggu, nenek pun memanggil bawang putih.
“Nak, sudah seminggu kau tinggal di sini. Dan aku senang karena kau anak yang rajin dan berbakti. Untuk itu sesuai janjiku kau boleh membawa baju ibumu pulang. Dan satu lagi, kau boleh memilih satu dari dua labu kuning ini sebagai hadiah!” kata nenek.
Mulanya Bawang putih menolak diberi hadiah tapi nenek tetap memaksanya. Akhirnya Bawang putih memilih labu yang paling kecil. “Saya takut tidak kuat membawa yang besar,” katanya. Nenek pun tersenyum dan mengantarkan Bawang putih hingga depan rumah.

Sesampainya di rumah, Bawang putih menyerahkan baju merah milik ibu tirinya sementara dia pergi ke dapur untuk membelah labu kuningnya. Alangkah terkejutnya bawang putih ketika labu itu terbelah, didalamnya ternyata berisi emas permata yang sangat banyak. Dia berteriak saking gembiranya dan memberitahukan hal ajaib ini ke ibu tirinya dan bawang merah yang dengan serakah langsun merebut emas dan permata tersebut. Mereka memaksa bawang putih untuk menceritakan bagaimana dia bisa mendapatkan hadiah tersebut. Bawang putih pun menceritakan dengan sejujurnya.

Mendengar cerita bawang putih, bawang merah dan ibunya berencana untuk melakukan hal yang sama tapi kali ini bawang merah yang akan melakukannya. Singkat kata akhirnya bawang merah sampai di rumah nenek tua di pinggir sungai tersebut. Seperti bawang putih, bawang merah pun diminta untuk menemaninya selama seminggu. Tidak seperti bawang putih yang rajin, selama seminggu itu bawang merah hanya bermalas-malasan. Kalaupun ada yang dikerjakan maka hasilnya tidak pernah bagus karena selalu dikerjakan dengan asal-asalan. Akhirnya setelah seminggu nenek itu membolehkan bawang merah untuk pergi. “Bukankah seharusnya nenek memberiku labu sebagai hadiah karena menemanimu selama seminggu?” tanya bawang merah. Nenek itu terpaksa menyuruh bawang merah memilih salah satu dari dua labu yang ditawarkan. Dengan cepat bawang merah mengambil labu yang besar dan tanpa mengucapkan terima kasih dia melenggang pergi.

Sesampainya di rumah bawang merah segera menemui ibunya dan dengan gembira memperlihatkan labu yang dibawanya. Karena takut bawang putih akan meminta bagian, mereka menyuruh bawang putih untuk pergi ke sungai. Lalu dengan tidak sabar mereka membelah labu tersebut. Tapi ternyata bukan emas permata yang keluar dari labu tersebut, melainkan binatang-binatang berbisa seperti ular, kalajengking, dan lain-lain. Binatang-binatang itu langsung menyerang bawang merah dan ibunya hingga tewas. Itulah balasan bagi orang yang serakah.

 
 
 
cerita rakyat indonesia

Putri Mandalika, Asal Mula Upacara Bau Nyale (Nusa Tenggara Barat), NTB - Indonesia

Putri Mandalika, Asal Mula Upacara Bau Nyale (Nusa Tenggara Barat), NTB - Indonesia

negeri 5 menara


Nonton film negeri 5 menara seru bgt kmarin malam di lapangan umum mataram,
untung aja gak ujan kalo aja hujan besa berabeeehhh..
Tapi alhamdulillah cuaca bersahabat sekali jadi dari awal ampe ending film lancar diputer.

Negeri 5 Menara adalah roman karya Ahmad fuadi yang diterbitkan oleh Gramedia pada tahun 2009. Novel ini bercerita tentang kehidupan 6 santri dari 6 daerah yang berbeda menuntut ilmu di Pondok Madani (PM) Ponorogo Jawa Timur yang jauh dari rumah dan berhasil mewujudkan mimpi menggapai jendela dunia. Mereka adalah:
  1. Alif Fikri Chaniago dari Maninjau
  2. Raja Lubis dari Medan
  3. Said Jufri dari Surabaya
  4. Dulmajid dari Sumenep
  5. Atang dari Bandung
  6. Baso Salahuddin dari Gowa
Mereka sekolah, belajar dan berasrama dari kelas 1 sampai kelas 6. Kian hari mereka semakin akrab dan memiliki kegemaran yang sama yaitu duduk dibawah menara pondok madani. Dari kegemaran yang sama mereka menyebut diri mereka sebagai Sahibul Menara.

Alif lahir di pinggir danau maninjau dan tidak pernah menginjak tanah di luar ranah minangkabau. Masa kecilnya adalah berburu durian runtuh di rimba bukit barisan, bermain sepak bola di sawah berlumpur dan tentu mandi berkecipak di air biru danau maninjau.
Tiba-tiba saja dia harus naik bus tiga hari tiga malam melintasi punggung sumatra dan jawa menuju sebuah desa di pelosok jawa timur. Ibunya ingin dia menjadi buya hamka walau Alif ingin menjadi Habibie. Dengan setengah hati dia mengikuti perintah Ibunya, belajar di pondok.
Di kelas hari pertamanya di Pondok Madani (PM), Alif terkesima dengan “mantera” sakti man jadda wajada. Siapa yang bersungguh-sungguh pasti sukses.
Dia terheran-heran mendengar komentator sepak bola berbahasa arab, anak menggigau dalam bahasa inggris, merinding mendengar ribuan orang melagukan Syair Abu Nawas dan terkesan melihat pondoknya setiap pagi seperti melayang di udara.
Dipersatukan oleh hukuman jewer berantai, Alif berteman dekat dengan Raja, Said, Dulmajid, Atang dan Baso. Di bawah menara masjid yang menjulang, mereka berenam kerap menunggu maghrib sambil menatap awan lembayung yang berarak pulang ke ufuk. Di mata belia mereka, awan-awan itu menjelma menjadi negara dan benua impian masing-masing. Kemana impian jiwa muda ini membawa mereka? Mereka tidak tahu. Yang mereka tahu adalah: Jangan pernah remehkan impian, walau setinggi apa pun. Tuhan sungguh Maha Mendengar.
ne dia para pemainnya...







 cakep cakepkan....
heheheheeee........


Kamis, 12 Juli 2012

Ragam Problem Yamaha V-Ixion Dan Solusinya!

Setiap masalah pasti ada solusinya. Termasuk di Yamaha V-Ixion. “Umumnya problem yang sering dihadapi bisa diatasi. Tergantung perawatan. Kalau kita gak asal, penyakit tak akan timbul,” bilang Surya, pengguna V-Ixion 2008.

Pompa Bensin Ngadat
Gejalanya, motor sering mogok. Salah satu pemicunya, perangkat di dalam tangki bermasalah (gbr.1). “Penyebabnya; karena kelamaan berjemur di bawah terik matahari, tangki sering kosong dan pakai obat aditif oktan berbentuk padat membuat pompa mampet,” sahut Angga kepala mekanik Yamaha Pos Pengumben, Jakbar.

Saluran di pompa bensin sangat kecil ukurannya, saat kepanasan bisa melar, kotoran dalam tangki akan turun dan menyumbat jalannya bensin. Saluran itu bernama impeler. Part itu paling sensitif dan akan rusak jika kena panas, kotoran atau tersumbat.

Komponen ini menjaga dan kestabilan tekanan bahan bakar tetap di batas 250 kpa. Kedua, jangan sampai tangki terlalu sering kosong dan memakai aditif penambah oktan berbentuk padat (gbr.2). “Bila tangki BBM sering kosong, dinding tangki akan mengering dan jadi kerak. Nah, saat pengisian ulang, kotoran itu akan turun dan masuk ke dalam sistem injeksi, begitu juga dengan aditif berbentuk padat tadi yang tidak hancur semuanya,” jelas pria berambut lurus ini.

Gbr 1

Gbr 2

Gbr 3

Gbr 4
Mesin Mbrebet
Bisa dipicu akibat pemakain knalpot enggak pas. “Knalpot memang bisa mempengaruhi performa mesin. Namun, jika desainnya terlalu plong juga tak baik untuk ECU, tendangan balik di mesin kurang, sehingga ECU ngaco karena tak sesuai kebutuhan,” urainya.

“Dari pengalaman di atas, biang keladinya; busi (gbr.3). Kekuatan busi tak bisa mengimbangi kebutuhan mesin. Atau spesifikasinya tak sesuai buat besutan yang sudah pakai knalpot racing tadi. Makanya, busi kudu diganti yang cocok,” urainya.

Susah Oper Gigi
Terutama saat akan dinetralkan. “Pengecekan pertama, pastikan posisi kedua nok di tuas penekan kopling dan di karter mesin sejajar. Bila tidak, maka mekanisme kopling tak bekerja semestinya. Akibatnya, saat ngoper gigi akan terasa keras atau susah,” terang Yayat Suryana, kepala mekanik bengkel resmi Yamaha Amie Jaya Motor, di kawasan Depok, Jabar.

Ada 2 solusi untuk bikin ke-2 nok tadi bisa sejajar. Pertama, lakukan penyetelan pada pangkal slang kabel kopling dan setelan yang ada di pangkal slang kabel kopling,” anjur mekanik cekatan ini.

Bila cara itu masih susah mengoper gigi, maka mesti dicek pada part yang namanya tuas penekan kopling. Menurut Yayat, ada kemungkinan terdapat masalah pada batang tuas penekan kopling (gbr.4), sehingga mengganggu kinerja part itu saat hendak oper gigi.





otomotif

Lacak Karburator Banjir, Sebab dan Solusinya

Melihat karburator basah terus bikin risih. Motor pun jadi susah hidup. “Penyebab karbu banjir ada beberapa sumber. Pertama, keran bensin dol, jarum pelampung aus, pelampung bocor, setelan pelampung terlalu rendah juga sil mangkok karbu bocor,” ujar Imam Santoso, mekanik Imam Dokter Motor Service.

Misalkan keran bensin manual rusak atau vakumnya enggak fungsi. Meski bensin tak langsung mengucur ke bak karbu lantaran ditahan jarum pelampung, namun bila keseringan dan menyebabkan jarum pelampung aus atau tersumbat kotoran tetap saja bensin bisa mengalir.

Tambah lagi jika setelan pelampung yang biasa diukur pakai sigmat jaraknya terlalu rendah. Pada waktu posisi pelampung naik ke atas agar jarum menutup rapat, tapi karena jarum belum menutup sempurna tetap saja aliran bensin sulit dibendung.

Kalau gejalanya begitu, biasanya karbu banjir ditandai dengan keluarnya bensin dari slang buang di bawah bak karbu dan tak membasahi bodi karbu. Namun bila slang buang tersumbat, bensin naik ke atas dan keluar lewat lubang hawa atau masuk ruang bakar.

“Biasannya bodi karbu terlihat basah kuyup karena bensin keluar dari lubang hawa. Selain itu, bensin naik tadi juga masuk ruang bakar dan biasanya bikin mesin sulit hidup,” imbuh Imam dari Jl. Kalibener, Gg. 03/26, Purwokerto.

Yang tak kalah penting pastikan pelampung tidak bocor, juga karet sil atau paking bak karbu. Sebab kalau paking bocor, secara otomatis bensin di dalam bak luber keluar. Itu juga disebut banjir.

Tapi, kalau banjirnya karena jarum pelampung atau sil mangkuk karbu peot, bisa diganti kitnya saja. Dijual satu set sudah dapat jarum pelampung dan sil mangkuk karbu. Bahkan dilengkapi spu-yernya. 





 (motorplus-online.com)

Bocoran Upgrade Mesin New Jupiter Z Injeksi, Banyak Yang Baru!

Pada tulisan bocoran kali ini ada dua info menyenangkan! Yang pertama adalah update foto spy shoot kiriman pembaca. Kalau sebelumnya hanya dikirimkan ke meja redaksi dalam bentuk potongan, eh ternyata ada yang nampak penuh.

Kenapa enggak dari kemarin dikirim penuh aja ya? Tapi gak papa, kami tetap berterima kasih karena dari foto ini juga makin terkuak wujud New Jupiter Z injeksi. Pengakuan sang fotografer, gambar ini diambil dari salah satu tikungan di sirkuit Sentul, Bogor.

Pengetesan di sirkuit terbesar di Indonesia mungkin ada hubungannya dengan bocoran yang kedua. Yaitu, upaya Yamaha meningkatkan performa bebek 115 cc-nya ini. Beberapa update teknologi diterapkan, tentunya agar lebih kencang lagi.

Terlebih, motor yang konon akan menggunakan nama New Jupiter Z1 ini bakal menjadi andalan Yamaha di balap musim 2013. Baik di Motoprix, Indoprix maupun Asia Road Racing Championship (ARRC) menggantikan Jupiter Z sekarang.


"Tentu saja upgrade bukan sekedar jadi kencang, tapi memudahkan untuk dikorek agar lebih kencang lagi. Sesuai DNA Jupiter Z yang mendominasi ajang balap nasional hingga tingkat Asia ini," beber narasumber dari PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Lebih jauh pria yang enggan disebutkan namanya ini merinci beberapa perubahan seperti aplikasi piston jenis forged agar kuat terhadap kompresi tinggi. Silindernya menggunakan tipe semi-DiASil, mungkin jenis blok silinder ini akan memudahkan oversize. Cocok untuk yang gemar main bore-up nih! Kruk as pun konon ikut diubah.

Isi kepala silinder juga diyakini jauh berbeda. Paling menonjol adalah diaplikasikannya roller rocker arm. Gesekan makin minim, efisiensi energi saat mesin bekerja pun makin tinggi. Tentu saja output-nya ada pada tenaga yang makin maksimal.

Satu update lagi tentang teknologi injeksi bahan bakarnya sudah tipe close loop. Yamaha menambahkan O2 sensor di knalpotnya. Suplai bahan bakar akan benar-benar sesuai dengan kebutuhan mesin tapi emisi jadi rendah.

Oiya, undangan launching sudah masuk ke meja redaksi. Peluncurannya akan dilakukan di sirkuit Sentul, Bogor pada tanggal 10 Juli 2012 minggu depan. Tinggal tunggu kepastian harganya nih!






motorplus